Selamat Datang di Forum UKM PROGRESS STIKOM BALI. click , untuk mendaftar silahkan klik disini untuk mendaftar

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Profesi Insinyur Unhas Kembangkan e-Portofolio
#1
Sesudah mendapatkan pernyataan akreditasi minimal dari Tubuh Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) April 2018, Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Tehnik Unhas terima peserta Rekognisi Evaluasi Lampau (RPL) Angkatan Pertama Tahun 2018.

PPI Fakultas Tehnik Unhas merupakan program ke-2 di Indonesia (atau hanya satu diluar Pulau Jawa) yang terakreditasi minimal BAN-PT.

Seperti dijelaskan pada Permenristekdikti Nomer 26 Tahun 2016, RPL merupakan pernyataan pada Capaian Evaluasi (CP) yang didapat seorang dari pendidikan resmi atau non resmi atau informal, serta/atau pengalaman kerja ke pendidikan resmi.

RPL ini mempunyai tujuan untuk mendapat pernyataan capaian evaluasi untuk meneruskan ke pendidikan resmi, serta mendapat pernyataan capaian evaluasi untuk disamakan bersama kwalifikasi spesifik.

Bersama skema RPL ini, jadi seorang yang mempunyai pendidikan atau ketrampilan dalam bagian profesi tehnik bisa disadari serta mempunyai sertifikasi insinyur.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomer 11 Tahun 2014 mengenai Keinsinyuran, jadi tiap-tiap orang yang berpraktek keinsinyuran harus mempunyai Sertifikat Keinsinyuran yang di keluarkan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pendaftaran peserta RPL pada PPI Unhas sudah membuahkan 94 peserta yang dinyatakan lulus verifikasi pada awal Juli 2018. Sekarang ini, semua peserta tengah lakukan proses register, serta akan mengawali pengisian porto folio on-line pada bulan Agustus 2018.

Ketua Program Studi PPI Unhas, Dr Eng Ilham Bakri, ST MSc IPM, menyampaikan dari 94 orang peserta RPL itu, 49 orang peserta salah satunya datang dari internal dosen Fakultas Tehnik Unhas, sesaat 45 orang yang lain datang dari kelompok industri seperti PT Vale, PT Insurin, Energy Equity Sengkang, PT Malea Energy, serta beberapa perusahaan yang lain.

“Selain itu ada juga beberapa Aparatur Sipil Negara pusat ataupun dari daerah di Sulawesi Selatan, bahkan juga dari Propinsi Kalimantan Utara. Ada juga peserta yang datang dari kampus yang lain seperti Kopertis Lokasi IX, Kampus Muhammadiyah Parepare, Politeknik ATI Makassar, serta Kampus Sam Ratulangi Manado, ” kata Ilham Bakri yang mendapatkan streaming bola online titel doktor dari Jepang, Jumat (27/7/2018).

Saat bulan Agustus kelak, peserta akan lakukan pengisian Portofolio Keinsinyuran dengan on-line (e-Portofolio) lewat ppi. unhas. ac. id. e-Portofolio adalah skema penilaian portofolio keinsinyuran on-line pertama di Indonesia yang di bangun atas kerja sama Prodi PPI Unhas serta Direktorat IT Unhas.

“Dengan e-Portofolio ini, pekerjaan RPL di Prodi PPI Unhas seutuhnya dikerjakan on-line tanpa tatap muka hingga bisa dibarengi oleh peserta dari tempat mana saja tak perlu hadir ke Kampus Hasanuddin, ” kata dosen Departemen Tehnik Industri Unhas ini.

Ilham memberikan, jika semua proses berjalan lancar, peserta RPL Unhas angkatan pertama akan disumpah serta diwisuda pada Periode September 2018 untuk mendapat sertifikat serta titel insinyur dengan sah dari negara.

“Ini adalah amanat Undang-Undang. Peserta tak perlu menyangsikan kwalifikasi dari skema ini, karena kita hanya satu diluar Jawa (tidak hanya UGM) yang sudah mempunyai akreditasi minimal dari BAN-PT, ”tutup Ilham





Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)